'/> Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia K13 Kelas Xi Semester 2 Beserta Tanggapan Part-3

Info Populer 2022

Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia K13 Kelas Xi Semester 2 Beserta Tanggapan Part-3

Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia K13 Kelas Xi Semester 2 Beserta
Tanggapan Part-3
Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia K13 Kelas Xi Semester 2 Beserta
Tanggapan Part-3
Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia K13 Kelas XI Semester 2 Beserta Jawaban Part-3 berisikan postingan yang sama dengan soal PG b. Indonesia kelas 11 semester genap kurikulum 2013 potongan ke-5 dan bagian ke-6, yaitu soal perihal menilai karya melalui resensi (BAB 3), ibarat membandingkan isi aneka macam resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi serta menyusun sebuah resensi dengan memperhatikan hasil.

Selain itu, Soal essay potongan ketiga merupakan lanjutan soal essay b. Indonesia potongan ke-2 (soal nomor 11-25, diambil dari potongan 2) dengan bahan yang soal yang berbeda.

Berikut dibawah ini, soal dan kunci balasan bahasa Indonesia kelas xi semester genap kurtilas edisi revisi, dimulai dari pertanyaan nomor 26.

26. Dilihat dari segi isinya terdapat aneka macam macam resensi, antara lain …
Jawaban:
Sasaran resensi, pertimbangan bagi pembaca, dan saran pembuat resensi pada para pembaca.

27.  Penutup resensi biasanya berisi ….
Jawaban:
Engga ada jawabannya

28. Unsur-unsur dalam resensi antara lain ….
Jawaban:
Identitas buku, ikhtisar buku, kepengarangan, keunggulan dan kelemahan.

29. Cara menemukan kekurangan dan kelebihan buku yang di resensi ialah dengan ….
Jawaban:
Membandingkan buku yang diresensi dengan buku lain yang sejenis

30. Hal yang perlu dicantumkan dalam resensi buku ialah …
Jawaban:
1. Identitas buku (judul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit dll)
2. Judul resensi
3. Ulasan resensi
4. Kesimpulan

31. Istilah resensi berasal dari Bahasa Belanda, resentie, yang berarti ….
Jawaban:
Kupasan atau pembahasan

32. Tujuan resensi ialah ….
Jawaban:
a. Memberikan gosip atau pemahaman yang komprehensif
b. Mengajak pembaca untuk memikirkan, merenungkan, dan mendiskusikan lebih jauh fenomena yang muncul
c. Memberikan pertimbangan kepada pembaca
d. Menjawab pertanyaan yang timbul jikalau seseorang melihat buku yang gres terbit

33. Objek resensi ialah …
Jawaban:
Kelebihan dan kekurangan buku

34. Pembuat resensi disebut ..
Jawaban:
Resentator

35. Identitas buku dalam resensi mencakup ….
Jawaban:
Judul buku, nama pengarang, penerbit, tahun terbit, kota terbit, ukuran buku, dan jumlah halaman buku.

36. Apa yang dimaksud resensi!
Jawaban:
Resensi ialah salah satu goresan pena atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya baik itu buku, novel, majalah, komik, film, kaset, CD, VCD, maupun DVD.

37. Jelaskan prinsip-prinsip penulisan resensi!
Jawaban:
a. Tetapkan sebuah buku yang akan diresensi. Bacalah buku tersebut dengan cermat. Buat catatan-catatan kecil potongan buku yang akan dibahas.
b. Buatlah sinopsis atau intisari dari buku yang akan diresensi.
c. Mengoreksi dan merevisi hasil resensi dengan memakai dasar-dasar dan kriteria menulis resensi.
 
38. Jelaskan langkah-langkah menciptakan resensi?
Jawaban:
1. Melakukan penjajakan atau pengenalan buku yang diresensi meliputi:
- Tema buku yang diresensi serta deskripsi buku
- Siapa penerbit yang menerbitkan buku itu, kapan dan dimana terbitnya, tebal (jumlah potongan dan halaman), format hingga harga.
- Siapa pengarangnya: nama, latar belakang pendidikan, reputasi dan presentasi buku atau karya apa saja yang ditulis hingga alasan mengapa ia menulis buku itu.
- Penggolongan/ bidang kajian buku itu, ekonomi, teknik, politik, pendidikan, psikologi, sosiologi, filsafat, bahasa, sastra, atau lainnya.
2. Membaca buku yang akan diresensi secara menyeluruh, cermat, dan teliti. Peta permasalahan dalam buku itu perlu dipahami dengan tepat dan akurat.
3. Menandai bagian-bagian buku yang memerlukan perhatian khusus dan memilih bagian-bagian yang akan dikutip sebagai data acuan.
4. Membuat sinopsis atau intisari dari buku yang akan diresensi
5. Menentukan perilaku atau evaluasi terhadap hal-hal berikut ini:
- Organisasi atau kerangka penulisan: bagaimana relasi antar potongan satu dengan yang lainnya, bagaimana sistematika dan dinamikannya.
- Isi pernyataan: bagaimana bobot inspirasi nya, seberapa berpengaruh analisanya, bagaimana kelengkapan penyajian datanya, dan bagaimana kreativitas pemikirannya.
- Bahasa: Bagaimana ejaan yang disempurnakan diterapkan, bagaimana penggunaan kalimat dan ketepatan pilihan kata di dalamnya, terutama untuk buku-buku ilmiah.
- Aspek teknis: bagaimana tata letak, bagaimana tata wajah, bagaimana kerapihan dan kebersihan, dan kualitas cetakannya (apakah ada banyak salah cetak) sebelum melaksanakan penilaian, alangkah baiknya jikalau terlebih dahulu dibentuk semacam garis besar (outline) dan resensi itu. Outline ini akan sangat membantu kita dikala menulis.
6. Mengoreksi dan merevisi hasil resensi dengan memakai dasar-dasar dan kriteria-kriteria yang telah kita temukan sebelumnya.

39. Jelaskan tujuan resensi!
Jawaban:
Memberi gosip kepada masyarakat akan kehadiran suatu buku, apakah ada hal yang gres dan penting atau hanya sekedar mengubah buku yang sudah ada.

40. Sebutkan syarat yang harus dipenuhi dalam penyusunan sebuah resensi!
Jawaban:
1. Ada data buku, mencakup nama pengarang, penerbit, tahun penerbit, dan tebal buku.
2. Pendahuluannya berisi perbandingan dengan karya sebelumnya, biografi pengarang atau hal yang berafiliasi dengan tema atau isi.
3. Ada ulasan singkat terhadap buku tersebut.
4. Harus bermanfaat dan kepada siapa manfaat itu ditunjukan

Lanjut ke soal nomor 41-50 => Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia K13 Kelas XI Semester 2 Beserta Jawaban Part-4
Advertisement

Iklan Sidebar