Contoh Soal Essay Prakarya Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban berisikan materi yang sama dengan soal PG prakarya dan KWU bab pertama dan kedua, yang diambil dari soal-soal Bab I, yaitu wacana Kerajinan, menyerupai kerajinan dari materi limbah berbentuk bangkit ruang, soal-soal sistem produksi kerajinan dari materi limbah, BEP dan taktik promosi produk usaha.
Berikut, soal essai prakarya dan kewirausahaan kurikulum 2013 edisi revisi dengan kunci balasan untuk siswa SMA/MA/SMK/MAK/Sederajat
1. Sebutkan keuntungan menciptakan kerajinan dari materi limbah!
Jawaban: gampang menemukan materi baku, mengurangi limbah di lingkungan sekitar sehingga turut serta dalam upaya melestarikan lingkungan
2. Berdasarkan dari wujud limbah yang dihasilkan, limbah dibagi menjadi tiga. Jelaskan dan berikan contohnya!
Jawaban: macam-macam limbah
a. Limbah padat yaitu limbah yang berwujud padat. Limbah padat bersifat kering, tidak sanggup berpindah kecuali ada yang memindahkannya. Limbah padat ini misalnya, sisa makanan, sayuran, kepingan kayu, sobekan kertas, sampah, plastik, dan logam
b. limbah cair yaitu limbah yang berwujud cair. Limbah cair terlarut dalam air, selalu berpindah, dan tidak pernah diam. Contoh limbah cair yaitu air bekas mencuci pakaian, air bekas pencelupan warna pakaian, dan sebagainya.
c. Limbah gas yaitu limbah zat (zat buangan) yang berwujud gas. Limbah gas selalu bergerak sehingga penyebarannya sangat luas. Contoh limbah gas yaitu gas pembuangan kendaraan bermotor. Pembuatan materi bakar minyak juga menghasilkan gas buangan yang berbahaya bagi lingkungan.
3. Fungsi produk kerajinan sanggup dibedakan menjadi dua. Jelaskan!
Jawaban: fungsi produk kerajinan sanggup dibedakan menjadi dua, yaitu fungsi karya kerajinan sebagai benda pakai dan fungsi karya kerajinan sebagai benda hias
4. Sebutkan teladan kerajinan dari materi limbah yang berbentuk ruang!
Jawaban: miniature rumah mini dari kardus bekas
5. Jelaskan yang dimaksud materi limbah!
Jawaban: materi limbah merupakan buangan atau sisa yang dihasilkan dari suatu proses atau kegiatan dari industri maupun domestik (rumah tangga). Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 101 tahun 2014, limbah yaitu sisa suatu perjuangan dan/atau kegiatan.
6. Berilah teladan bahan-bahan limbah yang sanggup dipakai untuk menciptakan kerajinan berbentuk bangkit ruang!
Jawaban: kardus bekas, botol bekas air mineral, dan lain-lain
7. Jelaskan cara menciptakan tas manis dari kardus bekas!
Jawaban: Langkah-langkah menciptakan tas manis dari kardus.
a. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan menggunting kardus sesuai dengan bentuk tas yang diinginkan.
b. Agar tas terlihat menarik, bungkus bab dinding luar kardus dengan kertas kado. Jika anda mempunyai materi untuk mempercantik dinding luar kardus lainnya, anda bisa gunakan. Jadi, tidak harus memakai kertas kado.
c. semoga tas yang dibentuk nantinya abadi dan tahan air, lapisi bungkusannya dengan plastik transparan.
d. saatnya anda merangkai potongan-potongan kardus tersebut menjadi tas. Gunakan jarum dan tali rafia untuk merangkainya dengan cara dijahit.
e. Langkah terakhir yaitu menawarkan lubang dan tali untuk pegangannya. Tas dari kardus sudah bisa digunakan.
8. Apakah tujuan diadakannya pengemasan yang baik pada benda-benda kerajinan?
Jawaban: tujuan pengemasan karya kerajinan, antara lain menyerupai berikut.
a. kemasan memenuhi syarat keamanan dan kemanfaatan
b. kemasan melindungi produk dalam perjalanannya dari produsen ke konsumen
c. kemasan sanggup mendukung aktivitas pemasaran melalui kemasan, identifikasi produk menjadi lebih efektif dan dengan sendirinya mencegah pertukaran oleh produk pesaing.
d. kemasan merupakan suatu cara untuk meningkatkan keuntungan perusahaan
9. Apa saja alat dan materi yang diunakan untuk menciptakan kerajinan dari materi limbah?
Jawaban: alat tulis, gunting atau cutter, lem tembak, penggaris/meteran, dan lain-lain.
10. Apakah itu segmentasi pasar?
Jawaban: segementasi pasar yaitu kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang mempunyai kebutuhan, karakteristik, atau sikap yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.
11. Sebutkan faktor-faktor yang memengaruhi ketercapaian BEP!
Jawaban: adapun komponen atau faktor-faktor yang memengaruhi ketercapaian BEP adalah:
- biaya tetap (fixed cost),
- biaya variabel (variable cost), dan
- biaya total (total cost)
12. Apa kegunaan titik impas dalam perhitungan usaha?
Jawaban: hasil analisis statistic impas ini sanggup dipakai untuk dasar pengambilan keputusan-keputusan tentang:
- Kapasitas alat/mesin yang harus disediakan,
- jumlah tenaga kerja yang harus disediakan, dan
- perubahan-perubahan structural biaya terhadap kuantitas produksi yang menguntungkan
13. Tuliskan rumus untuk memilih titik impas!
Jawaban: Rumus BEP
BEP Produksi = (Total Biaya) / (Harga Penjualan)
14. Sebutkan cara memasarkan perjuangan kreatif daur ulang sampah!
Jawaban: cara memasarkan perjuangan kreatif daur ulang sampah antara lain sebagai berikut.
a. Menciptakan aneka macam produk yang unik dan mempunyai ciri khas, sehingga tidak gampang ditiru oleh perusahaan lain.
b. Mendaftarkan produk hasil kerajinan tangan ke forum terkait sehingga produk anda akan mendapat hak paten. Dengan hak paten ini, orang tidak akan gampang memalsukan produk anda.
c. Melakukan promosi dengan aneka macam macam cara, mulai dari media umum (fb, twitter, Instagram) menciptakan brosur, kartu nama, atau bisa juga dengan memasang iklan di media massa.
d. Pilih nama yang khas untuk produk anda, sehingga bisa menggambarkan bisnis yang anda jalankan. Hal ini nantinya juga akan mempermudah dalam branding produk.
e. Mengikuti bazar kerajinan tangan baik yang diadakan dinas perdagangan, dinas pariwisata daerah, maupun pameran-pameran lain yang banyak dikunjungi konsumen baik dari dalam maupun luar negeri.
15. Jelaskan pengertian titik impas!
Jawaban: suatu titik atau keadaan ketika perusahaan dalam operasinya tidak mendapat keuntungan dan tidak menderita kerugian.
Lanjut ke soal nomor 16-35 => Contoh Soal Essay Prakarya Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-2
Berikut, soal essai prakarya dan kewirausahaan kurikulum 2013 edisi revisi dengan kunci balasan untuk siswa SMA/MA/SMK/MAK/Sederajat
1. Sebutkan keuntungan menciptakan kerajinan dari materi limbah!
Jawaban: gampang menemukan materi baku, mengurangi limbah di lingkungan sekitar sehingga turut serta dalam upaya melestarikan lingkungan
2. Berdasarkan dari wujud limbah yang dihasilkan, limbah dibagi menjadi tiga. Jelaskan dan berikan contohnya!
Jawaban: macam-macam limbah
a. Limbah padat yaitu limbah yang berwujud padat. Limbah padat bersifat kering, tidak sanggup berpindah kecuali ada yang memindahkannya. Limbah padat ini misalnya, sisa makanan, sayuran, kepingan kayu, sobekan kertas, sampah, plastik, dan logam
b. limbah cair yaitu limbah yang berwujud cair. Limbah cair terlarut dalam air, selalu berpindah, dan tidak pernah diam. Contoh limbah cair yaitu air bekas mencuci pakaian, air bekas pencelupan warna pakaian, dan sebagainya.
c. Limbah gas yaitu limbah zat (zat buangan) yang berwujud gas. Limbah gas selalu bergerak sehingga penyebarannya sangat luas. Contoh limbah gas yaitu gas pembuangan kendaraan bermotor. Pembuatan materi bakar minyak juga menghasilkan gas buangan yang berbahaya bagi lingkungan.
3. Fungsi produk kerajinan sanggup dibedakan menjadi dua. Jelaskan!
Jawaban: fungsi produk kerajinan sanggup dibedakan menjadi dua, yaitu fungsi karya kerajinan sebagai benda pakai dan fungsi karya kerajinan sebagai benda hias
4. Sebutkan teladan kerajinan dari materi limbah yang berbentuk ruang!
Jawaban: miniature rumah mini dari kardus bekas
5. Jelaskan yang dimaksud materi limbah!
Jawaban: materi limbah merupakan buangan atau sisa yang dihasilkan dari suatu proses atau kegiatan dari industri maupun domestik (rumah tangga). Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 101 tahun 2014, limbah yaitu sisa suatu perjuangan dan/atau kegiatan.
6. Berilah teladan bahan-bahan limbah yang sanggup dipakai untuk menciptakan kerajinan berbentuk bangkit ruang!
Jawaban: kardus bekas, botol bekas air mineral, dan lain-lain
7. Jelaskan cara menciptakan tas manis dari kardus bekas!
Jawaban: Langkah-langkah menciptakan tas manis dari kardus.
a. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan menggunting kardus sesuai dengan bentuk tas yang diinginkan.
b. Agar tas terlihat menarik, bungkus bab dinding luar kardus dengan kertas kado. Jika anda mempunyai materi untuk mempercantik dinding luar kardus lainnya, anda bisa gunakan. Jadi, tidak harus memakai kertas kado.
c. semoga tas yang dibentuk nantinya abadi dan tahan air, lapisi bungkusannya dengan plastik transparan.
d. saatnya anda merangkai potongan-potongan kardus tersebut menjadi tas. Gunakan jarum dan tali rafia untuk merangkainya dengan cara dijahit.
e. Langkah terakhir yaitu menawarkan lubang dan tali untuk pegangannya. Tas dari kardus sudah bisa digunakan.
8. Apakah tujuan diadakannya pengemasan yang baik pada benda-benda kerajinan?
Jawaban: tujuan pengemasan karya kerajinan, antara lain menyerupai berikut.
a. kemasan memenuhi syarat keamanan dan kemanfaatan
b. kemasan melindungi produk dalam perjalanannya dari produsen ke konsumen
c. kemasan sanggup mendukung aktivitas pemasaran melalui kemasan, identifikasi produk menjadi lebih efektif dan dengan sendirinya mencegah pertukaran oleh produk pesaing.
d. kemasan merupakan suatu cara untuk meningkatkan keuntungan perusahaan
9. Apa saja alat dan materi yang diunakan untuk menciptakan kerajinan dari materi limbah?
Jawaban: alat tulis, gunting atau cutter, lem tembak, penggaris/meteran, dan lain-lain.
10. Apakah itu segmentasi pasar?
Jawaban: segementasi pasar yaitu kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang mempunyai kebutuhan, karakteristik, atau sikap yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.
11. Sebutkan faktor-faktor yang memengaruhi ketercapaian BEP!
Jawaban: adapun komponen atau faktor-faktor yang memengaruhi ketercapaian BEP adalah:
- biaya tetap (fixed cost),
- biaya variabel (variable cost), dan
- biaya total (total cost)
12. Apa kegunaan titik impas dalam perhitungan usaha?
Jawaban: hasil analisis statistic impas ini sanggup dipakai untuk dasar pengambilan keputusan-keputusan tentang:
- Kapasitas alat/mesin yang harus disediakan,
- jumlah tenaga kerja yang harus disediakan, dan
- perubahan-perubahan structural biaya terhadap kuantitas produksi yang menguntungkan
13. Tuliskan rumus untuk memilih titik impas!
Jawaban: Rumus BEP
BEP Produksi = (Total Biaya) / (Harga Penjualan)
14. Sebutkan cara memasarkan perjuangan kreatif daur ulang sampah!
Jawaban: cara memasarkan perjuangan kreatif daur ulang sampah antara lain sebagai berikut.
a. Menciptakan aneka macam produk yang unik dan mempunyai ciri khas, sehingga tidak gampang ditiru oleh perusahaan lain.
b. Mendaftarkan produk hasil kerajinan tangan ke forum terkait sehingga produk anda akan mendapat hak paten. Dengan hak paten ini, orang tidak akan gampang memalsukan produk anda.
c. Melakukan promosi dengan aneka macam macam cara, mulai dari media umum (fb, twitter, Instagram) menciptakan brosur, kartu nama, atau bisa juga dengan memasang iklan di media massa.
d. Pilih nama yang khas untuk produk anda, sehingga bisa menggambarkan bisnis yang anda jalankan. Hal ini nantinya juga akan mempermudah dalam branding produk.
e. Mengikuti bazar kerajinan tangan baik yang diadakan dinas perdagangan, dinas pariwisata daerah, maupun pameran-pameran lain yang banyak dikunjungi konsumen baik dari dalam maupun luar negeri.
15. Jelaskan pengertian titik impas!
Jawaban: suatu titik atau keadaan ketika perusahaan dalam operasinya tidak mendapat keuntungan dan tidak menderita kerugian.
Lanjut ke soal nomor 16-35 => Contoh Soal Essay Prakarya Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-2
Advertisement